Sabtu, 08 Oktober 2011

JOHN RAFAFI BATLOLONA, S.Pd 

  
LEMBAR PENGAMATAN PENGELOLAAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Nama Sekolah     :                                                     Nama Guru    : …………………………
Pokok Bahasan   :  Listrik Dinamis                             Tanggal          : …………………………
Pertemuan ke      :  I (satu)                                         Pukul              : …………………………     

Petunjuk :
Daftar pengelolaan pembelajaran berikut ini  berdasarkan prinsip pembelajaran kooperatif yang dilakukan guru di kelas. Berikut penilaian dengan menuliskan tanda ( Ö ) pada kolom yang tersedia.

No.
ASPEK YANG DIAMATI
Penilaian
1
2
3
4
I.
PERSIAPAN (Persiapan secara keseluruhan)




II.
PELAKSANAAN
A. Pendahuluan
1.   Menyampaikan indikator pembelajaran
2.   Memotivasi siswa
3.   Mengaitkan pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa
B. Kegiatan inti
1.   Mempresentasikan materi pokok yang mendukung tugas belajar kelompok dengan cara demostrasi atau teks
2.   Mengatur siswa dalam kelompok belajar
3.   Membimbing siswa mengerjakan soal, diskusi dengan benar, dan membimbing dilakukannya keterampilan kooperatif oleh siswa
·         Mengajukan pertanyaan
·         Menjawab pertanyaan/menanggapi
·         Menyampaikan ide atau pendapat
·         Mendengarkan secara aktif
4.  Mengawasi setiap kelompok secara bergiliran
5.  Memberi bantuan kepada kelompok yang kesulitan
6.  Memberikan umpan balik
C. Penutup
1.  Membimbing siswa membuat rangkuman
2.  Mengumumkan pengakuan / penghargaan
3.  Memberi tugas rumah




III.
PENGELOLAAN WAKTU
1.   Waktu sesuai dengan alokasi
2.  KBM sesuai skenario




IV.
SUASANA KELAS
1.   Berpusat pada siswa
2.   Siswa antusias
3.   Guru antusias





Keterangan skala penilaian :
Kurang sekali     =   1                                                  Ambon,  ……………………………….2011
Kurang               =   2                                                                            Pengamat,
Baik                   =   3
Sangat Baik       =   4                                 



Instrumen 3
 




ANGKET RESPON SISWA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN               MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF

Mata Pelajaran : …………………………… Pokok Bahasan : …………………
Hari /tanggal     : ……………………………  Kelas/Semaster : ….......................
Nama               : ...........................................

Petunjuk :
  1. Berilah tanda cek (√) pada kolom yang telah disediakan sesuai dengan jawaban anda.

No
Indikator
Penilaian
SS
S
TS
STS
A. Format Media
1
Media sesuai dengan indikator pembelajaran




2
Sistematika penyajian materi mudah dipahami




3
Penekanan konsep sangat jelas




4
Penggunaan media mudah dipahami




B. Kualitas Media
1
Penyajian animasi sangat menarik




2
Penyajian audio mendukung tampilan media




C. Kejelasan Media
1
Materi yang disajikan mudah dipahami




2
Gambar yang ada mendukung pemahaman materi




3
Teks dalam media mudah dipahami




D. Ketertarikan Siswa
1
Belajar fisika menjadi lebih mudah menggunakan media ini




2
Belajar fisika menjadi lebih menarik menggunakan media ini




3
Belajar fisika menjadi lebih menyenangkan menggunakan media ini




4
Belajar fisika menjadi lebih termotivasi menggunakan media ini




5
Belajar dengan menggunakan media ini dapat membantu saya lebih mengenal teknologi komputer





Saran : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Keterangan :
Sangat Setuju (SS)                :  4
Setuju (S)                              :  3
Tidak Setuju (TS)                  :  2
Sangat Tidak Setuju (STS)   :  1


Responden





(................................................)
  


















 



 

 

 

 




















 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 








 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 







   
   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar