JOHN RAFAFI BATLOLONA, S.Pd
Contoh format penilaian aktivitas siswa dengan menggunakan media interaktif
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
SELAMA KBM
Sekolah : SMA Tanggal :
Kelas/Semester : Waktu :
Materi Pokok : Listrik Dinamis Kegiatan :
TUJUAN : Agar pembelajaran dapat berpusat pada siswa berhasil, antara lain siswa harus aktif dan saling membantu satu sama lain. Pengamatan ini akan memusat pada bagaimana perilaku siswa saat berada di dalam kelas.
PETUNJUK PENGISIAN :
Amatilah aktivitas siswa dalam kelompok sampel selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Isilah lembar pengamatan dengan prosedur sebagai berikut:
1. Pengamat dalam melakukan pengamatan duduk di tempat yang memungkinkan untuk mengamati seluruh aktivitas siswa.
2. Pengamat melakukan pengamatan aktivitas siswa yang dominan. berikutnya pengamat memberi tanda cek (√) pada perilaku yang teramati.
3. Pengamatan terhadap siswa dilakukan bersama, sejak dimulai kegiatan pembelajaran.
KATEGORI PENGAMATAN
No | Aktivitas | Frekuensi | Persentase (%) | ||
Ya | Tidak | Ya | Tidak | ||
1 | Menjawab pertanyaan yang diberikan guru | ||||
2 | Mendengar dan mencatat apa yang disampaikan guru. | ||||
3 | Memperhatikan arahan guru dan mengambil posisi | ||||
4 | Menanggapi pertanyaan / usul / kritik | ||||
5 | Mengajukan pertanyaan / usul / kritik | ||||
6 | Mampu berargumentasi | ||||
7 | Kercermatan mengamati | ||||
8 | Merumuskan kesimpulan | ||||
9 | Perilaku yang tidak relevan dengan KBM. | ||||
Jumlah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar